Jumat, 27 Juni 2014

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)


ahburhanudin12@gmail.com
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)
http://3.bp.blogspot.com/-Ro9Y1hZO3p8/UoBQRRFnXuI/AAAAAAAAAYY/sQitJefNE6w/s400/web_Karil.jpg
Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang telah registrasi dan akan mengunggah Karya Ilmiah (Karil) ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa pertanyaan dari Mahasiswa seputar unggah Karil melalui situs http://karil.ut.ac.id (NON PENDAS) atau http://karil.ut.ac.id:88(PENDAS)  "Kenapa saya pada saat mengunggah Karil ko' tidak bisa atau lama sekali loading upload-nya...???"

Dan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa, yaitu:
  • Batas Unggah Karil Masa 2014.1:
    • Non Pendas : Tgl. 31 Maret s.d. 19 Mei 2014  26 Mei 2014 Pkl. 23:59:59 WIB
    • Pendas         : Tgl. 17 April s.d. 30 Juni 2014
  • Status Registrasi Karil. Mahasiswa dapat menggunggah Karil melalui Website apabila sudah melakukan Registrasi Pembayaran Karya Ilmiah (Karil), yang dibayarkan menggunakan Billing (LIP) melalui Bank BRI/BTN/Mandiri. Ciri-ciri mahasiswa belum melunasi pembayaran Karil adalah pada saat Unggah maka pilihan Jenis Jurnal TIDAK AKAN MUNCUL dari menu Nama Jurnal di Web Karil. (Lihat Gambar)
http://2.bp.blogspot.com/-dCkGCuqSdjk/UoBG3L9r8bI/AAAAAAAAAXw/27nBDSDj-bg/s320/Nama+Jurnal+Karil.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-Q6M1hnbFTwY/Up7R6jFjg4I/AAAAAAAAAaQ/zOzYG-9CGjo/s1600/new.jpg
  • Dalam pengisian Nomor Induk Mahasiswa (NIM) pada kotak isian "NIM" harus diisi secara manual/diketik atau JANGAN COPY PASTE!Apabila dengan cara COPY-PASTE dalam pengisian NIM, maka pilihanNama Jurnal juga tidak akan MUNCUL/KELUAR. 
  • Ukuran File. Ukuran (Size) Maksimal file Karya Ilmiah (Karil) UT supaya dapat terunggah adalah sebesar 1.024 KB (1 MB). Lebih dari itu maka file tidak akan ter-UNGGAH. (Lihat Gambar)
http://4.bp.blogspot.com/-CrYdR56jbhY/UoBIggUZeqI/AAAAAAAAAX4/hnCVNlvWVw8/s320/Ukuran+File+Karil.JPG
  • Jenis / Tipe File. Dalam menyimpan Softcopy file Karil yang perlu diperhatikan untuk Tipe / Jenis file yaitu harus disimpan dalam format Ms. Office Word 2003 atau sebelumnya (.doc).Apabila Anda menggunakan Ms. Office Word 2007 dalam mengetik dan menyimpan file karil maka file akan tersimpan dalam format (.docx), dan bila anda mengunggah karil maka tidak akan terkirim/terproses. Solusi: "SAVE AS" file Karil anda dari Type Office Word 2007 menjadi Office 2003, dengan cara mengganti "Save as Type" ke pilihan "Word 97-2003 Document", kemudian klik tombol "Save". Maka otomatis file karil anda akan berubah menjadi type Office Word 2003 (.doc). (Lihat Gambar)
File Karil disimpan dalam format *.doc (word 97-2003) bukan docx (word 2007-2013) 
  •  Alamat Email. Pastikan penulisan data alamat email Anda dalam mengunggah Karil adalah benar atau lengkap (Misal: agoenkwe@gmail.com) dan juga alamat email tersebut harus AKTIF (bisa Sign-In/Masuk). Apabila dalam penulisan data alamat Email anda yang sudah terkirim dalam pengunggahan SALAH, maka segera laporkan tersebut ke UPBJJ Pangkalpinang. (Lihat Gambar)
http://4.bp.blogspot.com/-hHXnPUjpEfg/UoBPUAwz8nI/AAAAAAAAAYQ/_CEAoVk-nfo/s320/Email_karil.JPG
  • Login Karil. Untuk dapat Login/Masuk pada Website Karil, maka Anda harus terimaUsername (Nama Pengguna) dan Password (Sandi) yang bisa anda lihat melalui Email masing-masing yang dikirim dari UT Pusat. Bila balasan tentang username pada menu Kotak Masuk/Inbox tidak ada, silahkan Anda cek di menu "SPAM". Namun Jika pada menu SPAM dan Inbox tidak ada kiriman/balasan dari UT Pusat berarti Email yang Anda gunakan untuk unggah Karil adalah "SALAH", untuk memperbaiki silahkan Anda telepon ke UT Pusat di No. 021.7490947 ext. 1208 (Bag. LPPM)

Diatas hal-hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh seluruh mahasiswa UT yang akan mengunggah karil dari Situs karil.ut.ac.id.
Jangan takut untuk mencoba! Terima kasih..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar