Senin, 21 Oktober 2013

Upacara Bendera Hari Senin



Sekolah dasar (disingkat SDbahasa InggrisElementary School) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6,Pelajar sekolah dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.
Sekolah dasar diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah dasar negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerahkabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah dasar negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.











l












untuk melatih sikap disiplin di SDN Sukoharjo kecamatan kayen kidul kab. kediri selalu mengadakan Upacara Bendera tiap hari senin,  Nah, kegiatan itu diadakan ada maksudnya, loh! Tujuan awalnya, nih, upacara dilakukan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Indonesia menjadi negara yang merdeka.
Dahulu, para pahlawan rela berkorban demi tanah air Indonesia. Nyawapun menjadi taruhan. Karena itu di setiap upacara, selalu ada sesi untuk mendoakan pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.
Upacara tidak hanya untuk menghormati jasa pahlawan saja, anak-anak akan belajar untuk lebih disiplin. Bener, enggak? Mereka harus datang tepat waktu dan mengenakan seragam yang lengkap. Hmm, kalau ada yang terlupa, mau enggak mau kena hukuman, deh. Hehehe...
Biar kamu lebih siap ikut upacara bendera, jangan lupa untuk bangun lebih awal. Yang enggak kalah penting, sarapan, yah! Soalnya, kamu kan harus berdiri di tengah lapangan dan dijemur di bawah sinar matahari. Jadi, kamu bisa mengikuti upacara dengan serius
berikut ini saya sajikan tata urutan upacara bendera hari senin
Upacara bendera hari senin tanggal….bulan….tahun…. siap dilaksanakan
  1. Persiapan (masing-masing pemimpin barisan menyiapkan barisannya)
  2. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara (kemudaian pemimpin upacara mengambil alih pimpinan seluruh barisan upacara)
  3. Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin pasukan yang paling kanan
  4. Laporan masing-masing pemimpin pasukan kepada pemimpin upacara
ACARA POKOK
  1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara
  2. Penghormatan kepada Pembina upacara
  3. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara
  4. Pengibaran sang merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya
  5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara
  6. Pembacaan teks Pancasila oleh Pembina upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
  7. Pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
  8. Amanat Pembina upacara, barisan diistirahatkan
  9. Pembacaan Do’a
  10. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara telah selesai
  11. Penghormatan umum kepada Pembina upacara
  12. Upacara hari senin tanggal….bulan….tahun….telah selesai Pembina upacara berkenan meninggalkan lapangan upacara
  13. Penghormatan kepada pemimpin upacara
  14. Pemimpin upacara berkenan meninggalkan lapangan upacara
  15. Upacara selesai, barisan dibubarkan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar