Kamis, 04 Desember 2014

E-DAPODIK CARD


Pada tahun 2014 ini untuk bisa mengecek INFO PTK bagi PTK yang sudah bersertifikasi dengan memasukkan NO NRG sebagai usernamenya. Sayangnya banyak OPS yang lupa menginput NRG pada aplikasi Dapodik karena pada tahun sebelumnya untuk cek info PTK menggunakan NUPTK. Sehingga PTK (yang selanjutnya di kerjakan oleh OPS) sibuk mencari no NRG. Sementara PTK yang bersangkutan juga tidak mengingat No. NRG-nya.

Berangkat dari pengalaman itu kemudian banyak bermunculan ide kreatif teman-teman OPS untuk membuat dan mencetak sendiri Kartu NRG bagi PTK-nya. Dan bermunculanlah di banyak group aplikasi cetak Kartu NRG yang sangat bermanfaat bagi PTK.

Kali ini kami ingin mempersembahkan untuk teman-teman OPS semua sebuah Aplikasi yang tidak sekedar memuat No. NRG tapi meliputi identitas pendidik yang sudah diinputkan di aplikasi Dapodik. Sehingga banyak nomor penting yang dimiliki PTK terangkum dalam satu kartu ini.

BAGAIMANA MENGGUNAKANNYA ?
Pertama, kita membutuhkan Aplikasi sederhana E-Dapodik Card untuk mencetaknya. Silakan unduh aplikasinya dariLINK 1dan diLINK 2. Ekstract filenya ke dalam laptop kita.
Bagi user yang mengalami kendala Fixed missing file Comdlg32.ocx biasanya pada pengguna Windows 64 bit silakan menggunakanLINK 3.

Kedua, kita membutuhkan file excel hasil input data di Aplikasi Dapodik yang dapat kita unduh dihttp://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/. Silakan ikuti link tersebut. Jika sudah masuk untuk mempercepat, silakan ketikkan NO NPSN di kotak yang telah di sediakan yang akan langsung menuju ke menu milik sekolah kita.


Untuk mendapatkan file tersebut maka kita harus masuk dengan menginputkan KODE REGISTRASI yang kita miliki di kotak yang disediakan.
Setelah masuk ke data sekolah kita, telusur ke bawah hingga menemukan tombol DOWNLOAD berwarna merah dan klik pada tombol tersebut. Maka file Excel yang kita perlukan akan masuk ke dalam folder download di laptop kita.

Langkah ketiga, copy file excel yang kita download tadi dan masukkan ke dalam folder E-Dapodik Card. Bukalah file excel tersebut, dan tambahkan NRG Pendidik pada kolom paling kanan (Kolom AJ atau setelah kolom Pendidikan Terakir). Hal ini dikarenakan data dari Web Progres tidak menyertakan NRG Pendidik. Siapkan juga foto-foto PTK yang nanti akan kita gunakan.

Selanjutnya jalankan aplikasi, apabila sudah terbuka silakan pilih file excel sekolah kita dan klik tombol KONEKSI. Maka data PTK akan terisi otomatis di kartu tersebut. Untuk memilih PTK yang akan di cetak gunakan tombol PREV dan NEXT.

Untuk menambahkan foto tekan Add Foto dan pilih foto yang sudah kita siapkan sebelumnya. Selanjutnya setelah selesai tekan tombol CETAK, maka E-Dapodik Card akan tersimpan dengan nama PTK tersebut dalam format JPG yang dapat kita cetak.

Demikian, semoga aplikasi sederhana ini bermanfaat bagi teman-teman semua.


Read more:http://nurhayatimualif.blogspot.com/2014/11/e-dapodik-card-bukan-sekedar-kartu_18.html#ixzz3Ks6gkk65
Under Creative Commons License:Attribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar